SELAMAT DATANG...

Blog ini saya gunakan sebagai Media Komunikasi dan Informasi dan sekaligus menjadi wadah untuk menuangkan inspirasi-inspirasi yang ada.
Sebagai perkenalan pertama, yang perlu diketahui saya seorang Peneliti Komunikasi Politik pada

Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika R.I.
Jl. Medan Merdeka Barat No. 9 Jakarta Pusat 10110 Lt. 4 Gedung Belakang





Kamis, 07 Januari 2010

Laporan Peresmian Pemancar ITTS di Tiga Wilayah dan Penghargaan Bidang Seni, Budaya dan Pariwisata Jawa Barat Tahun 2009

Peresmian Pemancar ITTS (Improvement On Television Transmitting Station) di tiga wilayah yaitu untuk : TVRI satuan Transmisi Panyandakan Bandung, TVRI Satuan Transmisi Pathuk Yogyakarta, dan TVRI Satuan Trasmisi Makasar yang dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika R.I. Bapak Drs. Tifatul Sembiring di Gedung Merdeka Jl. Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat pada hari kamis tanggal 31 Desember 2009 pukul 20.15 Wib sampai dengan selesai.

Turut hadir pada acara malam pergantian tahun tersebut Gubernur Jawa Barat Ahmad Hermawan, Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, Pejabat Eselon I dan II Depkominfo, unsur Muspida Jawa Barat, tokoh seni dan budaya serta undangan lainnya.
Dalam sambutannya Menkominfo R.I. Mengatakan bahwa ingin agar TVRI sebagai LPP (Lembaga Penyiaran Publik) dapat bermutu, mendidik memberikan informasi yang untuk kepada masyarakat serta dapat terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.
Oleh sebab itu Peresmian ITTS (Improvement On Television Transmitting Station) untuk ketiga wilayah TVRI yakni : Bandung, Yogyakarta dan Makasar segera dilaksanakan. Proyek ITTS ini merupakan proyek visi Depkominfo agar terwujud masyarakat indonesia yang informatif serta komunikasi lancar. Untuk 8 (delapan) ITTS akan dapat diselesaikan tahun 2010 mendatang. Maksud dan Tujuan peresmian ini agar TVRI dapat menerima siaran yang sama dengan televisi swasta yang berada di wilayah tersebut.
Dalam sambutannya Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan bahwa kemajuan IT suatu negara bisa menjadi indikator kemajuan suatu negara, dengan semakin lancarnya informasi dan komunikasi akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan memperhatikan informasi masyarakat bisa merencanakan, dan mengetahui apa yang harus dilakukan. Selain itu, Menkominfo juga mengharapkan selesainya ITTS di tiga daerah tersebut dan juga delapan daerah perbatasan bisa membuat masyarakat lebih banyak mendapatkan informasi, dan menjadikan peran televisi sebagai agen informasi bisa berjalan dengan baik.
Dalam bagian lain kata sambutannya Menkominfo mengatakan di Indonesia kesenjangan digital (Digital divide) sangat tinggi, pengguna HP lebih dari 160 juta orang lebih besar dari Negara Eropa, dan 10 dari 75 tayangan televisi merupakan perwujudan dari Character National Building, termasuk content seni Indonesia jangan sampai dilahap orang luar negeri.
Perubahan frekuensi untuk:
TVRI Bandung menjadi 20 KW-UHV
TVRI Yogyakarta menjadi 20 KW-UHV
TVRI Makasar menjadi 30 KW-UHV
Acara selanjutnya adalah pemberian penghargaan bidang seni, Budaya dan Pariwisata Jawa Barat pada tahun 2009 yang diserahkan oleh gubernur Jabar, Wagub Jabar, Unsur Muspida, serta para tokoh seni dan budaya serta Pariwisata Jawa Barat.
Penghargaan diberikan berdasarkan prestasi tertentu di bidang entertainment seni dan budaya, kemudian acara diakhiri dengan persiapan menuju detik-detik pergantian tahun 2009-2010, ditandai dengan pemukulan bedug, dilanjutkan ucapan selamat Tahun Baru 2010 oleh Gubernur Jawa Barat diiringi instrumentalia Angklung.

Tidak ada komentar:

Bagaimana penilaian Anda terhadap tulisan-tulisan saya ini ?

Terjemahkan tulisan ini dalam Bahasa Inggris (In English)