SELAMAT DATANG...

Blog ini saya gunakan sebagai Media Komunikasi dan Informasi dan sekaligus menjadi wadah untuk menuangkan inspirasi-inspirasi yang ada.
Sebagai perkenalan pertama, yang perlu diketahui saya seorang Peneliti Komunikasi Politik pada

Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika R.I.
Jl. Medan Merdeka Barat No. 9 Jakarta Pusat 10110 Lt. 4 Gedung Belakang





Selasa, 11 Januari 2011

Siaran Pers No. 5/PIH/KOMINFO/1/2011 Pelantikan Para Pejabat Eselon I Kementerian Kominfo

(Jakarta, 7 Januari 2011). Menteri Kominfo Tifatul Sembiring pada tanggal 7 Januari 2011 telah melantik 9 (sembilan) pejabat definitif di kementerian kominfo. Pelantikan tersebut berlangsung secara terbuka dan dihadiri oleh para undangan dari Komisi I DOR-RI, Dewan Pers, PWI, Komisi Penyiaran Indonesia, Komisi Informasi, BRTI, Direksi Penyiaran, Direksi Pos, Direksi Telekomunikasi, Asosiasi terkait bidang Kominfo, Perguruan Tinggi, Pejabat Staf Khusus dan Eselon II Kementerian Kominfo dan Wartawan.

Secara lengkap daftar yang dilatik tersebut adalah sebagai berikut:

1. Drs. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, MA Jabatan : Sekretaris Jenderal
2. Agung Widjayadi, SIP., MM Jabatan : Inspektur Jenderal
3. Syukri Batubara, MH. Jabatan : Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika
4. Dr.Ir. Ashwin Sasongko, MSc Jabatan : Direktur jenderal Aplikasi Informatika
5. Drs. Freddy H. Tulung, Mua Jabatan : Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik
6. Aizirman Djusan, MSc, Econ Jabatan : Kepala Badan Litbang SDM
7. Dr Suprawoto, SH, Msi Jabatan : Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya
8. Drs Henry Subiakto, SH. MA. Jabatan : Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa
9. Dr Ir. Cahyana Ahmadjayadi Jabatan : Staf Ahli Menteri Bidang Politik dan Keamanan

Menteri Kominfo mengatakan dalam sambutannya bahwa rencana restrukturisasi ini sudah cukup lama dipersiapkan, bahkan jauh waktunya sebelum Tifatul Sembiring menjadi Menteri Kominfo. Hal ini penting diketahui, menurut Menteri Kominfo, supaya jangan sampai ada kesan dan persepsi, bahwa karena Tifatul Sembiring memimpin Kementerian Kominfo, lalu melakukan perombakan. Menurutnya, jika ada perencanaan yang baik dari masa lalu, mengapa tidak dilanjutkan, karena pada kenyataannya tidak ada personalia pejabat yang baru yang menjabat pada tingkat pimpinan suatu kerja tersebut. Disamping itu, lebih lanjut dikatakannya, pelantikan para pejabat Eselon I tersebut merupakan hal yang biasa dan rutin terjadi sebagai bagian dari dinamika dan penyegaran organisasi, aplagi untuk organisasi Kementerian Kominfo yang memasuki tahap baru dalam restrukturisasi.

Bahwasanya berbagai komentar skeptis dan kritis mungkin sempat muncul sebagai akibat perombakan organisasi ini, secara khusus Menteri Kominfo menanggapinya: “Seluruh pandangan kritis tersebut justru akan kami jadikan challenging point yang akan terus memacu kami untuk menunjukkan pada publik, bahwa Kementerian Kominfo berani berubah dan berani tampil beda untuk memberikan kinerja semaksimal mungkin bagi bangsa ini sesuai dengan ruang lingkup bidang tanggung jawabnya.” Itulah sebabnya Tifatul Sembiring menginstruksikan kepada para pejabat baru yang dilantik untuk bekerja secara lebih profesional, bekerja dengan prinsip running activities not as usual dan usaha kerja keras yang lebih tinggi lagi effort-nya, karena bagaimanapun juga masyarakat kini lebih kritis, lebih cerdas dan wajar menuntut layanan publik lebih baik. Dan terpenting, instruksinya adalah, agar tetap menjunjung tinggi nilai akhlak, moral, agama, etika dan sopan santun secara konsisten.

Sebagai informasi, terhiting tanggal 1 januari 2011 Kementerian Kominfo telah memasuki tahap dalam restrukturisasi organisasi sebagai konsekuensi pemberlakuan Peraturan Menteri Kominfo No. 17/PER/M.KOMINFO/10/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika. Peraturan tersebut untuk menggantikan peraturan yang lama, dimana hingga 31 Desember 2010 Kementerian Kominfo masih terdiri dari Setjen, Itjen, Ditjen Postel (Pos dan Telekomunikasi), Ditjen SKDI (Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi), Ditjen Aptel (Aplikasi Telematika), Badan Informasi Publik dan Badan Litbang SDM. Seusai kegiatan pelantikan tersebut, nantinya dalam waktu dekat akan disusul dengan pelantikan para Pejabat Eselon II, dan berikutnya Eselon III dan terakhir Pejabat Eselon IV di lingkungan Kementerian Kominfo secara bertahap.

Plh. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo (Gatot S. Dewa Broto)

Tidak ada komentar:

Bagaimana penilaian Anda terhadap tulisan-tulisan saya ini ?

Terjemahkan tulisan ini dalam Bahasa Inggris (In English)