SELAMAT DATANG...

Blog ini saya gunakan sebagai Media Komunikasi dan Informasi dan sekaligus menjadi wadah untuk menuangkan inspirasi-inspirasi yang ada.
Sebagai perkenalan pertama, yang perlu diketahui saya seorang Peneliti Komunikasi Politik pada

Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika R.I.
Jl. Medan Merdeka Barat No. 9 Jakarta Pusat 10110 Lt. 4 Gedung Belakang





Minggu, 23 Mei 2010

Kuliah Umum Sosiologi dan Politik “Demokrasi dan Kepemimpinan Perempuan“ Pembicara : Dr. Marissa Haque, S.H., M.H. dan Tetty Kadi, S.Ip.

Universitas Widyatama Bandung,
Bagian Perkuliahan Dasar Umum (BPDU),
22 mei 2010

Hasil dari rangkuman tersebut diatas sama sekali berdasarkan catatan peneliti semata-mata, yang tidak dituangkan atau tidak terdapat dalam makalah bu Tetty serta bu Marissa. Audience adalah mahasiswa fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi, Universitas Widyatama, Bandung lebih kurang yang hadir 600 orang.

Dari kedua narasumber dapat dipetik beberapa resume atau intisari bu Tetty matang serta dewasa dengan pengalaman politiknya yang sudah lama baik di lembaga legislatif Jawa Barat selama 12 tahun mau pun di organisasi kemasyarakatan lainnya. Sekarang dipercaya menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 di Komisi VIII.

Sedangkan bu Marissa wanita kelahiran 1962 yang blesteran ini bersuamikan Ikang Fawzi seorang artis juga memperoleh jenjang pendidikan formal hingga strata 3, memperoleh S2 sampai tiga kali mulai dari S2 Linguistic, S2 Ekonomi, S2 Hukum dan S1 juga basic Hukum. Dia banyak menceritakan tentang sepak terjangnya di dunia politik, bapaknya orang Golkar, mertuanya intel di Deplu orang tuanya keturunan Belanda. Pernah juga sebagai anggota DPR RI tahun 1994 dari PDIP kemudian hijrah ke PPP.

Selanjutnya ikuti Pilkada Banten tetapi kalah. Banyak juga bercerita tentang kekalahannya lalu katanya Gubernur yang sekarang berijazah palsu, pernah juga menyeret seorang Menteri ke penjara karena menilep uang haji dan sebagainya.

Bu Marissa tidak mau dijadikan key informan dengan segala cara ia mengatakan setelah selesai kuliah umum, dihadapan bu Tetty juga beliau mengatakan apa buku metodologi anda? Kalau saya pakarnya studi kualitatif karangan Robert ....... ada hak bahasa Indonesianya. Tapi peneliti pikir y bu Marissa mana mungkin dia dijadikan key informan orang beliau bukan politisi artis yang ada di DPR RI periode 2009-2014.




POINTERS ATAU STATEMENT BELIAU BERDUA DALAM KULIAH UMUM:

- Tetty Kadi minta bio data lengkap kirim via email saja sama mas Kanishka (asisten pribadi merangkap anak nomor 4).
- Baca buku Gabriel Almond tentang politik.
- Polibriti atau politisi selebriti istilah Marissa Haque.
- Lagu bu Tetty tahun 60 an yang terkenal dulu antara lain adalah Sepanjang Jalan Kenangan, katanya lagi makanya saya kuliah S1 di Unjani Bandung karena saran temannya di parpol Golkar kalau mau jadi anggota DPR RI salah satu syaratnya mesti pendidikan formal SI.
- Adek-adek mahasiswa dan mahasiswi kenal tidak dgn group band Numata itu adalah anak saya, saya mau ajak kesini tapi kebetulan ada show di Makassar, Kata bi Tetty.
- Ada Kaukus Artis di DPR RI khususnya Komisi X jumlahnya 18 orang, cantik-cantik & smart, jadi kalau ada acara orang sibuk minta foto bareng (Bu tetty).
- Kepemimpinan perempuan tidak harus dikontroversialkan.
- Kata Marissa tidak selamanya fb harus itu dihujat, sebagai contoh saya bisa berdiri disini karena kenal dengan isteri moderator pak Ade sesama facebookers.
- Lanjutnya kenalkan kalian dengan Trio Libels, yg salah satunya Edwin Manangsang walau penyanyi tetapi jagoan akuntasi juga lho.
- Artis : input______>proses________>output. Kaitannya dengan politisi.
- Saya pengajar anak tunarungu berbahasa Inggeris.
- ROY – EVA = ISTILAH AKUNTANSI.
- ROY MARTEN – EVA ARNAZ = ISTILAH ARTIS.
- Demokrasi di Indonesia adalah cangkokan.
- Islami adalah egaliter & fraternite sementara kapitalis tambah satu lagi yaitu liberte.
- Homo Economicus dan Homo Homoni Lupus.
- Borjuis---------kelas orang kaya.
- Komunis----------sama rata, sama rasa.
- Proletar--------kelas orang miskin.
- Bedakan antara demokrasi Pancasila dengan Pancasila yang demokratis.
- Lihat faham Nichollo Machiavelli tentang E Prinsipe akan selalu terjadi pengulangan sejarah seperti yang terjadi di Iran.
- S3 itu adalah semacam kontemplasi artinya mencari kebeningan hukum Tuhan, artinya kumahak engke bukan engke kumahak.
- Politik = ilmu kemungkinan, Hukum = ilmu aturan, Ekonomi = ilmu hitungan dan seterusnya.
- Dari sejak zaman Soekarno hingga sekarang yg paling ditakuti dalam bidang ekonomi cuma tiga institusi dunia : WTO, IMF, World Bank.
- Pertanyaan buat bu Tetty apa yang mendorong ibu terjun ke dunia politik?. Yang pertama harus ada keinginan saya sejak tahun 65 an sdh jadi artis, kemudian mau bagaimana tau situasi daerah karena didorong oleh keluarga pertama sekali masuk kelompok seni budaya. Popularitas serta kemampuan harus sejalan.
- Saran kepada calon-calon selebriti baru, yang penting aku tampil atau benar-benar berkualitas.
- Marissa mengatakan sok tahu hitam putihnya, Dewan Kehormatan = macan ompong, dalam berpolitik apa pun boleh.
- Lihat aja Roy Suryo anggota DPR RI dari Demokrat sewaktu sidang paripurna berteriak uh...uh....uh..... berkali-kali memalukan padahal kandidat doktor dari UGM.
- Karena saya S2 linguistic setiap kata mempunyai makna.
- Apa kata Lord Acton : Power attendt to corrupct maksudnya adalah regulasi dipegang, operator juga dipegang oleh institusi yang sama, jadi terjadi diskresi = Tuhan-Tuhan yang kecil.
- Public Figure yang terjun ke politik ingin menggunakan popularitasnya, saya ini bintang film juga.
- Politisi bukan artis membeli dengan uangnya, artis yang jadi poltisi tidak akan korupsi.
- Kalau sudah masuk DPR nggak usah lagi rekaman atau jadi presenter, karena artis sudah mempunyai modal kapital.
- Ditambahkan oleh Tetty Kadi artis sudah punya modal popularitas, tetapi tidak cukup mesti memperjuangkan aspirasi rakyat dengan belajar. Oleh sebab itu sebelum rapat bahan-bahan sudah dipersiapkan terlebih dahulu.
- Sementara politisi yang bukan artis masih sibuk dengan kampanye melalui media cetak atau media elektronik untuk pencitraan dirinya serta untuk meraih popularitas.

3 komentar:

Stelly Katili mengatakan...

tidak jelas penulisannya mau bicara apa sih ya mas?

Anonim mengatakan...

ini orang yang nulis mau menyampaikan apa sih ya? Nggak jelas mutu tulisan anda bung! Belajar lagi deh nulis yang teratur yah!

Christine Natalina Panjaitan (CNP23) mengatakan...

titip anak saya ya kuliah di kesehatan masyarakat biar pintar spserti tety kadi

Bagaimana penilaian Anda terhadap tulisan-tulisan saya ini ?

Terjemahkan tulisan ini dalam Bahasa Inggris (In English)