SELAMAT DATANG...

Blog ini saya gunakan sebagai Media Komunikasi dan Informasi dan sekaligus menjadi wadah untuk menuangkan inspirasi-inspirasi yang ada.
Sebagai perkenalan pertama, yang perlu diketahui saya seorang Peneliti Komunikasi Politik pada

Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika R.I.
Jl. Medan Merdeka Barat No. 9 Jakarta Pusat 10110 Lt. 4 Gedung Belakang





Rabu, 29 Desember 2010

Laporan Peluncuran Jabar Cyber Province, PLIK (Pusat Layanan Internet Kecamatan) dan BITC (Baros Information Technology and Creative) di Cimahi

“Tulisan ini murni adalah ulasan Drs. Mulyono Yalia, Kasi Program dan evaluasi BPPKI Bandung setelah ditugaskan oleh Kepala BPPKI Bandung sesudah selesai membuat laporan pelaksanaan tugas. Kepala Balai mendapat informasi adanya kegiatan Menkominfo R.I dari SMS Bapak DR. Duddy H. Sudrajat (Kadis Kominfo Prov. Jawa Barat) pada tanggal 24 Desember 2010, hari jumat sebagai salah satu bentuk koordinasi antara BPPKI Bandung Litbang SDM Kominfo R.I dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat”.

Pada tanggal 27 Desember 2010 dilakukan acara peluncuran Jabar Cyber Province (Cypro), PLIK (Pusat Layanan Internet Kecamatan) dan BITC (Baros Information Technology and Creative) di Cumahi Jawa Barat yang dihadiri oleh Menkominfo Tifatul Sembiring, Wagub Jabar Dede Yusuf, Walikota Cimahi Itoch Tochija, jajaran Muspida Jawa Barat, Kadis Kominfo Jawa Barat DR. Duddy Sudrajat, perwakilan masyarakat dan para pemangku kepentingan.

Jabar Cyber Province merupakan suatu upaya untuk mengurangi kesenjangan digital dan sejalan dengan terwujudnya masyarakat informasi di provinsi Jawa Barat. Dengan program cyber province setelah NAD dan Jogja, sebagai tulang punggung aktivitas kehidupan sehari-hari. Pada sambutannya Menkominfo menyebutkan bahwa TIK tidak hanya digunakan untuk kebutuhan komunikasi saja, namun terdapat lima tujuan dari keberadaan TIK, yaitu: sebagai pilar pembangunan, TIK harus dijadikan sebagai penambah devisa baru, penyerap tenaga kerja dan sebagai pencerdas kehidupan bangsa serta sebagai alat demokrasi.

Dipilihnya Cimahi sebagai pilot project cyber city di Jawa Barat didasari potensi sumber daya manusia penduduk Cimahi untuk memajukan industri kreatif berbasis TIK. Menurut walikota Cimahi Itoch Tochija, Cimahi tidak mempunyai sumber daya alam yang dapat diandalkan, namun potensi kreatif dan letak Cimahi yang dekat dengan bandung sebagai ibukota Jawa Barat dapat dimanfaatkan untuk mendukung industri kreatif berbasis TIK.

Peluncuran Jabar Cyber Province dan Cimahi Cyber City dilakukan di gedung BITC atau (Baros Information Technology and Creative), sebagai pusat untuk menampung potensi-potensi kreatif yang ada di kota Cimahi. Setelah menandatangani peluncuran Jabar Cyber Province, Menkominfo meninjau pameran industri-industri kreatif yang diselenggarakan di gedung BITC.

Acara dilanjutkan dengan peresmian PLIK (Pusat Layanan Internet Kecamatan) di Kecamatan Cimahi Selatan oleh Menkominfo dengan sebelumnya melakukan teleconference dengan Camat Cililin Kabupaten Bandung Barat, Kepala Dinas Pendidikan Subang dan Bupati Subang Provinsi Jawa Barat.

Cimahi, 27 Desember 2010


BPPKI Bandung

Tidak ada komentar:

Bagaimana penilaian Anda terhadap tulisan-tulisan saya ini ?

Terjemahkan tulisan ini dalam Bahasa Inggris (In English)