SELAMAT DATANG...

Blog ini saya gunakan sebagai Media Komunikasi dan Informasi dan sekaligus menjadi wadah untuk menuangkan inspirasi-inspirasi yang ada.
Sebagai perkenalan pertama, yang perlu diketahui saya seorang Peneliti Komunikasi Politik pada

Puslitbang Penyelenggaraan Pos dan Informatika Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika R.I.
Jl. Medan Merdeka Barat No. 9 Jakarta Pusat 10110 Lt. 4 Gedung Belakang





Rabu, 29 Juli 2009

MENYIKAPI KOMUNIKASI POLITIK TIM SUKSES SBY-BOEDIONO

Ada sebuah ungkapan yang cocok untuk menyikapi statement Andy Malarangeng yaitu : “Gara-gara Nilai Setitik Bisa Rusak Susu Sebelanga”. Walau pun tulisan ini terlambat di publikasikan, tapi minimal pembaca/publik dapat mengerti peta perubahan kondisi perpolitikan secara nasional.

Memang pak Andy Malarangeng tidak secara jelas menyatakan putra sulsel tidak bisa/belum pantas jadi Capres, tapi tersirat belum waktunya Jadi capres pada tahun 2009. Hal ini mengundang reaksi keras dan Pro-Kontra, artinya pada masyarakat sulsel muncul reaksi keras namun diluar masyarakat sulsel muncul Pro-Kontra. Pro-Kontra bukanlah hal yang tabu dalam politik, tapi dampak Statement tersebut karena telah terlanjur dipublikasikan media-massa serta pak Andy Malarangeng sendiri yang notabene putra asli sulsel tersebut dapat menjurus ke SARA. Rakyat kelihatannya belum dapat menerima makna secara eksplisit atau implisit.

Menarik sekali dikaji sebab dalam berbagai kesempatan di media cetak dan elektronik selalu memberitakannya, bahkan Andy berkali-kali membantah bahwa ungkapannya menjurus ke SARA. Beliau mengatakan bukan tidak bisa tapi belum waktunya Putra Sulsel jadi Presiden.

Terlepas dari benar tidaknya pernyataan baliau, tetapi yang menjadi persoalan sekarang dampaknya begitu luas, Tidak hanya terjadi Pro-Kontra di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan, di makasar saja pun ada demo yang lebih kurang di ikuti 1000 orang pada tanggal 2-7-2009. Masyarakat yang berada di luar sulsel dan P. Jawa menjadi tidak simpatik terhadap eksistensi tim Sukses SBY-BOEDIONO. Belum lagi opini dari tim Sukses pasangan MEGA-PRO dan pasangan JK-WIN yang selalu menyudutkan tim sukses SBY-BOEDIONO dalam segala hal.

Cuma terkadang pak SBY selalu mengatakan marilah kita berpolitik secara santun, elegant dan tidak emosional. Kalau begini caranya apakah boleh dikatakan santun,elegant dan beretika. Jika ditelusuri secara kronologis ke belakang sekilas tentu ada hubungan kausalitasnya, tidak akan mungkin pak Andy berbicara seperti itu kalau tidak ada sebabnya? Namun demikian apa pun kejadiannya yang pasti kepentingan negara dan bangsa mesti diatas segala-galanya.

Pak SBY mengatakan demikian belum tentu orang terdekatnya mampu menjabarkan maksud dan tujuannya, atau punya strategi lain dari bagian kampanye komunikasi politiknya, atau memang pak SBY sendiri mau memberikan pendidikan politik bagi bangsa Indonesia yang sudah carut marut.

Untunglah dalam perjalanan waktu pihak SBY-BOEDIONO secepatnya melakukan klarifikasi, dan para jurnalis tidak menjadi Provokator sehingga suasana dapat kondusif kembali menjelang Pilpres 8 Juli 2009 yang baru lalu.

Tidak ada komentar:

Bagaimana penilaian Anda terhadap tulisan-tulisan saya ini ?

Terjemahkan tulisan ini dalam Bahasa Inggris (In English)